Rabu, Mei 16, 2012

[Opini] windows dan linux

Ini hanya opini saya saja tentang windows dan linux. Karena banyak pengguna windows yang mengatakan kalau linux itu susah, dan banyak juga pengguna linux yang mengatakan pengguna windows itu bodoh.

Ingat, semua pasti ada positif negatifnya.


  1. Dukungan Teknis

    Windows

    Dukungan teknis untuk windows memang lebih banyak dari pada dukungan untuk linux. Karena saat sekolah SMK jurusan TKJ pasti ya yg di ajarkan tentang Control Panel windows. Linux hanya di ajarkan saat mau ujian praktek nasional (Pengalaman Pribadi).

    Linux

    Dukungan teknis untuk linux saya rasa memang kurang, tidak seperti dukungan teknis untuk windows. Di setiap toko komputer pasti memiliki teknisi windows tetapi jarang ada teknisi untuk linux. Namun dukungan teknis untuk linux akan diperoleh saat linux digunakan sebagai server. Ya, dukungan teknis untuk server lebih memadai. Seperti dari RedHat, SuSE.

  2. Dukungan Hardware

    Windows

    Dukungan hardware untuk windows memang lebih mudah. Terutama untuk driver-driver VGA. Tentu saja karena pembuat driver tersebut bersedia membuat karena mereka dibayar.

    Linux

    Dukungan hardware untuk linux mungkin sedikit kurang, karena para developer driver suatu hardware masih menutup cara kerja dari hardware yg mereka jual. Sehingga para developer linux masih mengira-ngira bagaimana cara kerja dari hardware tersebut, ketika mereka sudah tahu baru mereka membuatkan driver untuk linux. Lalu kenapa vendor dari hardware tersebut tidak membuatkan driver untuk linux? Mungkin karena mereka tidak digaji untuk membuatkan driver untuk linux, atau mungkin juga karena di linux terkenal dengan sistem Open Source (Kode sumber terbuka).

  3. Dukungan Game

    Windows

    Game di windows memang bisa diakui banyak dan hebat2. Tetapi banyak juga game2 windows yang berbayar. Dan masih banyak juga teman2 saya yang menggunakan game2 windows dengan hasil membajak / dengan crack. Cobalah untuk tidak meng-crack, apa tidak bisa merasakan bagaimana kerja para programmer dari game tersebut? Jika ukuran dari game tersebut 5,6 KB saja sudah 176 baris kode yang harus diketikkan, bagaimana dengan game2 windows yang mencapai beberapa Giga. Seperti the sims yang mencapai 4 GB.

    Bisa dibayangkan berapa juta baris kode yang harus diketikkan.

    Linux

    Game di linux juga ada, dan tidak kalah dengan game2 di windows. Game dilinux jg tidak semuanya gratis ada juga yang berbayar. Tidak semua jelek ada juga yang bagus. Kita bisa bilang kalau game dilinux jelek karena yang kita lihat hanya game2 jelek bawaan saat proses instalasi linux. Padahal jika ingin mencari atau menginstallnya sendiri banyak game2 yang bagus.

  4. Susah

    Windows

    Di windows jg banyak susahnya kok. Bukan hanya di linux. Saya sendiri waktu baru mengenal windows jg tidak tahu letak Control Panel, cara Mengganti IP itu bagaimana? Cara mematikan komputer itu bagaimana? Tapi setelah membaca disana sini, sekolah SMK jurusan TKJ. Saya sekarang sudah tahu, dimana letak Control Panel, bagaima cara mengganti IP, bagaimana cara mematikan komputer. Ya, karena saya sekolah. Dan disekolah saya diajarkan materi tentang windows. 1 tahun saya baru bisa windows, walau tidak secara mendalam saya sudah bisa.

    Linux

    Linux sebenarnya tidak terlalu susah jika dibandingkan dengan windows. Mengapa? Karena banyak pengguna linux baru itu pengguna windows juga. Jadi banyak yang membandingkan menu2 di windows akan sama dilinux. Beda loh antara windows dan linux. Mereka saja sudah beda pembuatnya.

    Beda pemilihan distro juga bisa menjadi penyebab mengapa linux itu susah. Bisa dibayangkan orang yang baru pindah sudah memakai BackTrack. Padahal BackTrack sendiri distro linux yang di fokuskan untuk penetrasi (Hacking) dan hampir semua pekerjaan harus dikerjakan melalui terminal. Beda dengan distro2 yang di fokuskan untuk kemudahan. Misalkan saja ubuntu, di ubuntu kita tidak diharuskan menggunakan terminal karena hampir semua sudah ada di GUI, kita hanya tinggal menggunakan mouse untuk mengganti IP (Gnome Network Manager), memutar musik(Banshee), menginstall aplikasi(Ubuntu Software Center). Banyak dari tulisan yang saya baca kalau menginstall aplikasi itu harus dicompile. Tidak! Kita tidak perlu mengcompile untuk menginstall suatu aplikasi. Kan sudah ada yang mudah kenapa harus menggunakan cara susah?

  5. Mudah

    Windows

    di windows memang menawarkan kemudahan, karena seperti point pertama. Dari sekolah dasar sampai bangku kuliah pun pasti akan ada windows di Lab Komputer.

    Linux

    linux dulu dan sekarang sudah beda, linux sekarang sudah mengutamakan kemudahan. Tetapi tetap saja kita harus benar saat memilih distro.


Di ejek saat bertanya di komunitas linux. Mereka bukan mengejek kita, mereka hanya membuat kita supaya mandiri. Maksud mereka sebenarnya baik, coba saja anda menjadi admin / ketua dari komunitas tersebut, pada hari A anda sudah menjelaskan tentang bagaimana cara seting printer di linux. Kemudian dihari B ada yang tanya tentang setting printer, dihari C ada yg bertanya dengan satu pertanyaan yg sama. Akhirnya para komunitas tersebut membuat dokumentasi, supaya memudahkan untuk yang bertanya dikemudian hari. Lihatkan, mereka sebenarnya peduli. Tapi kita yang merasa dikucilkan (Pengalaman pribadi :P).


Di linux tidak ada virus? Benarkah?

Di linux juga ada virus. Lalu kenapa banyak virus diwindows? Coba saja buka google dan masukkan kata kunci “Cara Mudah Membuat Virus” pasti yang muncul cara-cara membuat virus untuk windows. Bisa disimpulkan kan kenapa virus windows sangat banyak? Yap, karena banyak penulis – penulis virus baru, yang ingin terkenal melalui virusnya.

Lalu bagaimana dengan virus di linux. Virus dilinux jg ada, sekalipun ada pasti tidak diketahui, karena tidak memperlambat komputer. Kalau menurut saya mungkin virus dilinux ini langsung ke virus tingkat atas atau Trojan. Trojan tidak akan memperlambat kinerja komputer, tidak akan membuat shortcut2 aneh, tidak akan memenuhi kapasitas harddisk. Tetapi bisa sangat berbahaya karena bisa saja Trojan tersebut dikirim untuk mencuri data2 yang kita miliki.


Sekarang bagaimana?

Pilih linux atau windows? Tentu semua terserah kepada anda, karena yang memiliki komputer kan anda bukan saya.

Linux vs Windows”? Apa tidak sebaiknya “Linux and Windows”?

Untuk pengguna windows: Gunakan windows anda sendiri dan jangan mengatakan kalau pengguna linux itu pelit2 atau banyak omong. Dan tentu saja gunakan windows dan aplikasi2 maupun game2 yang halal / berlisensi (bukan bajakan / bukan crack2an)

Untuk pengguna linux: Jangan pernah mengatakan kalau pengguna windows itu bodoh. Karena sebelum kita menggunakan linux kita juga menggunakan windows. :P


Lalu bagaimana dengan saya? Pengguna windows atau linux?

Saya sendiri baru migrasi menggunakan linux, sudah banyak distro2 linux yang saya coba. Mulai dari paling mudah (Ubuntu) sampai yang dikatakan paling sulit (Slackware). Tentu mereka sangat berbeda karena pembuat mereka memiliki tujuan dan misi dari distro2 linux yang mereka buat. Tidak sebentar juga saya mempelajari linux. Hampir 1 tahun saya menggunakan linux tanpa windows di laptop saya. Mulai dari mengerjakan tugas sekolah seperti: Membuat makalah, membuat desain kaos, menjalankan aplikasi Packet Tracer, Dream weaver sepenuhnya saya kerjakan menggunakan linux. Sampai presentasi pun saya lakukan menggunakan linux. Kenapa windows-nya dihapus? Dulu memang laptop saya sudah terinstall windows beserta aplikasi2nya seperti Ms. Office. Tetapi saya hapus, saya takut terkena operasi Windows bajakan karena menurut teman2 saya jika ketahuan laptop / komputernya terinstall sistem operasi windows bajakan maka harddisknya akan dirusak. Jadi saya install linux deh di laptop sama komputer saya.

Distro pertama saya yaitu Puppylinux, distro live usb (Jalan di Flashdisk), yang ditemukan oleh orang Australia. Dan sekarang menggunakan IGOS Nusantara, salah satu distro turunan Fedora yang dikembangkan di Indonesia.


Menguasai suatu hal itu menyenangkan jika dari awal mencoba kita sudah yakin akan pilihan kita.

Tetap Semangat memperdalam sistem anda tidak perduli itu windows atau linux. Semoga sukses selalu dengan sistem anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung yang kurang paham pasti berkomentar ^.^