Minggu, November 20, 2011

Memperbaiki GRUB openSUSE

Pernahkan mengalaminya walau tidak di openSUSE.
Ternyata mudah kok, hanya perlu ketelitian sedikit. Jujur ini adalah pengalaman saya sendiri saat menginstall openSUSE di laptop, dan setelah itu saya install lagi Linux Mint. Saya pikir akan bisa masuk ke sistem openSUSE melalui GRUB milik linux mint. Tapi ternyata tidak bisa. Alhasil install ulang GRUB milik dari openSUSE, setelah pikir2 apa bisa Live CD digunakan untuk install ulang GRUB, karena selama ini fasilitas seperti ini hanya dimiliki oleh openSUSE versi dvd. Ternyata, setelah dicoba booting melalui CD Live openSUSE ada opsi bootloader di control panel openSUSE yaitu YaST.

Nah mulai disitu, langsung saya pilih bootloader. Langsung pilih yang menu dropdown bertuliskan “Other”. Dimenu dropdown tersebut pilih yang “Porpose New Configuration”. Nanti openSUSE akan langsung membuat konfigurasi baru dan klik OK. Maka saat boot akan bisa masuk ke sistem openSUSE.
Lalu bagaimana dengan linux mint? Tenang, saat sudah masuk ke sistem openSUSE masuk kembali ke YaST dan pilih bootloader. Kaitkan dulu partisi tempat sistem linux mint, kemudian pilih tombol add yang ada di jendela bootloader YaST, pada pilihan “Section Type” pilih yang “Image Section” kemudian klik Next. Pada kolom “Section Name” masukkan nama yang akan tampil di menu booting nanti. Sedangkan pada bagian “Section Setting” akan ada pilihan “Dont verify Filesystem . . . “ dan “Enable SELinux” tidak perlu ditandai.
Pada kolom kernel image klik “Browse” dan cari dimana kernel linux mint (ada di folder /boot/vmlinuz) Pada kolom “Initial RAM Disk” klik “Browse” dan cari filenya di “/boot/initrd” tentu saja di partisi dari linux mint. Pada kolom root device pilih partisi root dari linux mint. Pada kolom vga mode bisa menggunakan “0x317”. Kemudian klik “OK” Klik OK lagi dan nyalakan ulang komputer atau laptop yang dimiliki.
Semoga berhasil karena di laptop penulis berhasil :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung yang kurang paham pasti berkomentar ^.^